Saturday, November 20, 2010

Memotret Binatang Piaraan


( Alpha 300, 1/125s, f5,6, ISO 400, 150 mm, Spot )



Hewan piaraan biasanya aktif dan bergerak teratur. Memotret hewan piaraan dapat menjadi agak sukar karena mereka tidak mau bergaya untuk kamera dan tidak mau mengikuti instruksi dengan baik. Sekalipun memotret hewan piaraan mudah, hasilnya bisa sangat memuaskan. 


Teknik-Teknik Dasar

Memakai Mainan
Pusatkan perhatian binatang piaraan Anda dengan mainan atau makanan kesukaannya. Ini akan menarik perhatian binatang piaraan Anda cukup lama sehingga Anda dapat memotretnya.

Menghindari Lampu Kilat
Jika Anda memakai lampu kilat, kilatan cahaya yang tiba-tiba atau cahaya yang sangat terang akan membuat takut bianatang piaraan atau membuat matanya merah di foto. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah sebisa mungkin untuk tidak memakai lampu kilat. Jika terpaksa, pakailah mode Red Eye Reduction yang ada di kebanyakan kamera digital.

ISO dan Kecepatan Rana
Dengan meningkatkan kepekaan kamera (ISO lebih tinggi) atau memperbesar bukaan diafragma, Anda dapat memakai kecepatan rana tinggi untuk menangkap gerakan hewan piaraan Anda. Hasil yang sama akan Akan peroleh dengan mode Sport Scene.

Teknik-Teknik Lebih Canggih 

Pemotretan Kontinyu
Anda tidak pernah tahu kapan binatang piaraan Anda akan menampilkan diri atau bergaya seperti keinginan Anda. Supaya Anda tidak kehilangan momen yang berharga, pakailah fitur Continuos Shot untuk memotret berurutan kemudian memilih yang terbaik.

Fokus Terpilih
Perbesar sampai bukaan diafragma maksimum (atau pakai mode Portrait) dan pakai teknik fokus terpilih untuk mengaburkan latar belakang dan menjaga fokus binatang piaraan Anda.

Close-up
Cobalah memotret close-up untuk mengomunikasikan suasana keakraban dan kekeluargaan. Anda tidak perlu memasukkan wajah binatang piaraan Anda atau seluruh badannya di foto. Cobalah memotret close-up dari sudut atau fokus yang berbeda di daerah khusus.

Cobalah!
Anda dapat memotret binatang piaraan dengan banyak cara. Untuk membantu Anda memulainya, ada sedikit saran: Memotret binatang piaraan Anda saat berinteraksi dengan orang lain menunjukkan sifat bersahabat. Memakai lensa sudut lebar untuk memotret tampang lucu binatang piaraan Anda.

Sumber : 40 Teknik Fotografi Digital. John Kim. Elex Media Komputindo

No comments:

Post a Comment